Dari beberapa faktor yang mempengaruhi
penawaran tersebut, harga adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi
penawaran. Sehingga para ahli ekonomi membuat hukum penawaran yaitu hukum yang
mengatur hubungan antara harga barang dengan penawaran dari uraian di atas,
dapat dirumuskan hukum penawaran sebagai berikut:
“Apabila
harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan naik dan apabila harga
turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun” atau penawaran terhadap
suatu barang berbanding lurus dengan harga barang yang ditawarkan.
Faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan
penawaran:
a.
Kenaikan harga menyebabkan harga jual lebih
tinggi dibandingkan dengan harga beli/harga pokok, sehingga penjual akan
mendapatkan keuntungan.
b.
Kenaikan harga suatu barang mendorong
produsen untuk memproduksi barang dan jasa lebih banyak agar mendapatkan laba
yang lebih banyak.
Sebagaimana hukum permintaan, hukum penawaran
tidak berlaku mutlak. Hukum penawaran hanya merupakan kecenderungan dan dapat
berlaku secara ceteris paribus yang artinya hukumpenawaran hanya berlaku jika
faktor yang mempengaruhi penawaran selain harga barang adalah tetap.
Untuk mempermudah memahami hukum penawaran,
maka perlu dibuatkan kurva yang disebut kurve penawaran. Kurva penawaran adalah
grafik yang menunjukkan perbandingan antara jumlah barang dan jasa yang
ditawarkan dengan harga barang.
Bagaimana cara membuat kurva penawaran? Cara
membuat kurva penawaran adalah:
a. Membuat garis mendatar (horizontal) untuk
menunjukkan jumlah penawaran(Q).
b. Membuat garis tegak (vertikal) untuk
menunjukkan harga barang(P).
c. Membuat titik untuk setiap pasangan antara
harga barang dengan jumlah penawaran.
d. Menghubungkan titik-titik tersebut
sehingga menjadi suatu kurva.
Jika dibuat kurva penawaran, maka kurva
penawaran akan bergerak dari kiri bawah ke kanan atas, artinya apabila harga
barang naik, jumlah barang yang ditawarkan juga naik. Dan apabila harga barang
turun maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun. Hal ini terjadi karena
penawaran mempunyai hubungan yang positif dengan harga barang.