Kegiatan
pemasaran (marketing) sangat menyentuh setiap kehidupan manusia. Melalui sarana
pemasaran (marketing), produk dan jasa yang menciptakan standard hidup
dikembangkan dan disuguhkan kepada masyarakat.
Marketing
mencakup banyak kegiatan, mulai dari riset pemasaran, pengembangan produk,
distribusi, periklanan, dan kegiatan pemasaran lainnya. Pemasaran memadukan
beberapa kegiatan yang dirancang untuk melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen
dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Keberhasilan perusahaan pada dasarnya
adalah keberhasilan dalam pemasarannya.
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Pengertian
tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi:
·
kebutuhan
(needs), keinginan (wants) dan permintaan (demands);
·
produk
(barang, jasa, dan gagasan);
·
nilai,
biaya, dan kepuasan;
·
pertukaran
dan transaksi;
·
hubungan
dan jaringan;
·
pasar;
·
serta
pemasar dan prospek.
Manajemen
pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan
akhir pemasaran berhubungan erat dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Untuk mencapai tujuannya, pihak perusahaan menitikberatkan kepada kepuasan
pelanggan, memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, menyediakan barang atau
jasa, distribusi, diferensiasi produk, dan lain sebagainya.