Produk
merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan,
diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan
kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Produk yang ditawarkan
tersebut meliputi barang fisik, jasa, orang atau pribadi, tempat, organisasi,
dan ide.
Produk
memiliki 5 tingkatan/level yang terdiri dari: produk utama/inti (core
benefit), produk generik, harapan (expected product), produk
pelengkap (augmented product), dan produk potensial. Selain
tingkatan/level, produk juga memiliki suatu hirarki yang meliputi: need
family, produk family, kelas produk (product class),
lini produk (product line), tipe produk (product type), merek (brand),
dan item.
Klasifikasi
produk bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang. Berdasarkan berwujud
tidaknya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu:
(1) barang yang terdiri
dari barang tidak tahan lama dan barang tahan lama; dan
(2) jasa.
Selain
berdasarkan daya tahannya, produk umumnya juga diklasifikasikan berdasarkan
siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut dikonsumsi. Berdasarkan
kriteria ini, produk dapat dibedakan menjadi barang konsumen (consumer's
goods) yang meliputi convenience goods, shopping goods, specialty goods,
dan unsought goods; dan barang industri (industrial's goods) yang
meliputi materials and parts, capital items, dan supplies and
services.