Harga
adalah sejumlah uang yang ditentukan perusahaan berdasarkan kalkulasi biaya
yang dikeluarkan seperti biaya produksi atau biaya mendapatkan produk, biaya
marketing, biaya operasional, keuntungan yang diinginkan perusahaan dan sesuatu
yang lain yang diadakan perusahaan untuk memuaskan keinginan konsumen.
Dalam
dunia bisnis harga mempunyai banyak nama, sebagai contoh dalam dunia
perdagangan produk disebut harga, dalam dunia perbankan disebut bunga, dalam
bisnis jasa akuntansi, konsultan disebut fee, biaya transportasi taxi, biaya
telepon disebut tarif, sedangkan dalam dunia asuransi disebut premi.
Tujuan
penetapan harga adalah memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar;
mempertahankan kualitas atau diferensiasi pelayanan; mendapatkan atau
memaksimalkan keuntungan; mendapatkan atau merebut pangsa pasar; menjaga
kelangsungan hidup kegiatan operasional; balik modal ROI / Return On
Investment.