Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan
berbagai cara,misalnya dengan iklan melalui media massa, seperti pamflet,poster,
koran, televisi, dan radio. Namun, sering kamumelihat banyak produk yang
ditawarkan tidak sesuai dengan kenyataannya
sehingga tidak jarang justru merugikankonsumen.
Hal itu bisa dimaklumi, karena
distributordituntut menyajikan promosi dengan lugas, tepat, dan padatsementara
biaya promosi yang dikeluarkan mahal, makatidak jarang mereka membuat iklan
yang tidak sesuai dengan etika.
Etika yang dimaksud antara lain
menjelek-jelekkan produklain, menjanjikan fungsi dan informasi barang yang
tidak sesuaidengan kenyataannya, serta mempromosikan produk yangmembahayakan
masyarakat. Untuk menyikapi hal tersebut,konsumen harus cermat, kritis, dan
berani melakukanpengawasan terhadap semua produk yang diiklankan.
Cara-carayang dapat dilakukan di antaranya
seperti berikut:
1)
Memberitahukan kepada pihak berwenang
apabilamenemukan hal-hal yang merugikan. Misalnya, ada tokoyang menjual barang
yang sudah kadaluarsa.
2)
Berpikir logis apabila melihat iklan yang
menjanjikan hal-haldi luar logika.
3)
Tidak mudah tergoda dengan iklan yang
menyebutkanproduknya sebagai lambang pergaulan atau simbolmodernitas.