Secara
formal, pasar adalah suatu institusi atau badan yang menjalankan aktivitas
jual-beli barang dan jasa. Pada pasar tersebut produsen dan konsumen bertemu
dan berkominukasi. Melalui mekanisme pasar produsen mengajukan penawaran (supply)
atas produknya dan melalui mekanisme pasar pula konsumen mengajukan permintaan
(demand).
Pengertian
pasar dapat diperluas lagi menjadi pasar konkrit dan pasar abstrak. Pasar
konkrit adalah suatu tempat yang tertentu dimana penjual dam pembeli bertemu
untuk saling menawar. Pasar abstrak ialah setiap kegiatan pertemuan dimanapun
baik langsung maupun tidak langsung yang turut menentukan terjadinya harga.
Mengingat
luasnya ruang lingk up pasar, maka pembagian pasar didasarkan atas berbagai
ukuran sebagai berikut:
(1) berdasarkan ukuran
luas geografis: pasar lokal, pasar regional, pasar internasional;
(2) berdasarkan ukuran
waktu: pasar harian, pasar jangka pendek (short run market), pasar
jangka panjang (long run market);
(3) berdasarkan
kegiatannya: pasar barang, pasar tenaga.
Bagi
perusahaan memahami pasar sangatlah penting karena tanpa adanya pasar, produk
tidak akan sampai ke tangan konsumen.