Ruang
lingkup pembahasan marketing adalah berkisar kepada persoalan kebutuhan hidup
dan rumah tangga perekonomian yakni rumah tangga masyarakat dan rumah tangga
perusahaan. Inti dari kegiatan marketing adalah bagimana menyampaikan barang
dan jasa kepada konsumen.
Melalui
kegiatan pemasaran akan menimbulkan berbagai kefaedahan antara lain; kefaedahan
tempat (place utility) kefaedahan waktu (time utility) dan
kefaedahan kepemilikan (possession utility). Dengan demikian
pembelajaran marketing sangat menyentuh kehidupan orang banyak.
Bersadarkan
uraian singkat tersebut pembelajaran marketing pada dasarnya membekali peserta
didik untuk dapat memahami kompetensi Kejuruannya. Dapat disimpulkan bahwa
untuk bidang bisnis dan manajemen maka dalam Struktur kurikulumnya yang menjadi
Dasar Kompetensi Kejuruan adalah mata pelajaran Marketing. Terlebih untuk
bidang keahlian Penjualan, Ilmu pemasaran merupakan merupakan induk atau babon
kompetensi Kejuruan
Penyusunan
buku ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga terdapat keterkaitan erat
antara Marketing sebagai mata pelajaran pada Dasar Kompetensi Kejuruan dengan
Ilmu lain yang berada pada kelompok mata pelajaran Kompetensi Kejuruan. Lebih khusus
lagi ruang lingkup materi buku ini mengarah pada Bidang keahlian Penjualan