Pengertian Pasar
Pasar merupakan sarana dalam kehidupan
perekonomian masyarakat. Di pasar para penjual dan pembeli bertemu, mereka
bertransaksi mengadakan kegiatan jual beli. Pasar juga menyediakan
barang-barang yang dibutuhkan oleh setiap orang.
Di lihat dari jenisnya pasar dapat terbagi
menjadi beberapa macam, berdasarkan barang yang dijual maupun dari bentuk
bangunannya. Perhatikan kegiatan yang terdapat di pasar!
Ada beberapa orang yang sedang melakukan
beberapa kegiatan jual beli, ada beberapa penjual yang menawarkan dan menjual
barang-barang dagangannya, adabeberapa pembeli yang menawar dan ingin membeli
barang-barang yang dibutuhkan, dan bentuk kegiatan lainnya yang dilakukan di
pasar.
Peranan
Pasar
Pada masyarakat primitif, peran pasar tidak
begitu besar, karenamasyarakat primitif dalam memenuhi kebutuhannya dilakukan
secara mandiri atau dengan mengadakan tukar-menukar (barter) sehingga tidak ada
jual beli.
Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan
manusia yang semakin lama semakin banyak dan tidak dapat dipenuhi sendiri,
serta telah diciptakannya alat tukar-menukar yaitu uang, maka kegiatan jual
beli dalam rangka memenuhi kebutuhan semakin banyak dilakukan oleh manusia.
Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana
yang dapat memperlancar kegiatan jual beli. Dalam kegiatan ekonomi, pasar
mempunyai peran yang sangat penting bagi semua pelaku ekonomi, baik bagi
produsen, konsumen, distributor maupun pihak-pihak lain seperti pemerintah,
pekerja dan lain-lain. Adapun peran pasar bagi berbagai pihak antara lain
adalah:
1.
Mempermudah konsumen memenuhi
kebutuhan-kebutuhannya Bagi masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan
pasar, kebutuhannya akan lebih dapat tercukupi dibandingkan dengan masyarakat
yang tempat tinggalnya jauh dari pasar. Contoh: Tanyakan kepada ibumu, di mana
ibumu berbelanja kebutuhan sehari-hari? Apa peran pasar bagi ibumu sebagai
konsumen? Dengan adanya pasar, ibumu dapat berbelanja memenuhi kebutuhan
keluarga dengan mudah.
2.
Mempermudah penjualan barang dan jasa yang
telah dihasilkan Selain konsumen, pelaku pasar yang utama adalah
penjual/produsen. Produsen adalah orang yang kegiatannya memproduksi barang dan
jasa untuk dijual kepada konsumen. Jika barang dan jasa telah diproduksi, maka
barang dan jasa tersebut harus segera dijual kepada konsumen, agar produsen
segera mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan
produksi selanjutnya sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Untuk
mempermudah produsen menjual barang dan jasa yang telah diproduksi, maka
produsen membutuhkan pasar.
3.
Bagi distributor (pedagang) pasar berperan
mempermudah kegiatan distribusi Seperti telah dipelajari di kelas VII, bahwa
ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung
dan ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya tidak secara langsung.
Barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan secara langsung, tidak
membutuhkan perantara (distributor) sehingga konsumen langsung dapat bertemu
dengan produsen. Sedang pada barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan
secara tidak langsung, produsen tidak langsung menjual barang kepada konsumen,
tetapi melewati perantara (distributor) yaitu pedagang. Para pedagang yang
telah membeli barang-barang dari produsen akan menjual barang-barang tersebut
kepada konsumen. Untuk mempermudah penjualan barang-barang tersebut, maka
penjual (distributor) membutuhkan pasar.
4.
Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur
kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah Dalam sistem ekonomi kerakyatan,
pemerintah mempunyai peran ganda yaitu sebagai pelaku ekonomi dan sebagai
pengatur kegiatan ekonomi. Sebagai pengatur kegiatan ekonomi, pemerintah
berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana yang digunakan untuk memperlancar
kegiatan ekonomi diantaranya adalah pasar. Kebanyakan pasar-pasar tradisional
yang ada di Indonesia didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah. Dengan
adanya pasar, pemerintah dapat mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi dan
dengan adanya pasar, pemerintah akan mendapatkan pajak dan retribusi baik dari
pembeli maupun dari penjual sehingga pasar juga berperan sebagai sumber
keuangan pemerintah.
5.
Bagi masyarakat secara umum, pasar dapat
berperan sebagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan/penghasilan Selain pembeli
dan penjual, di pasar ada pihak lain yang berperan dalam memperlancar kegiatan
jual beli, pihak lain tersebut adalah para pekerja pasar yang membantu bagi
pembeli atau penjual dalam kegiatan jual beli. Di antara para pekerja pasar
tersebut adalah para kuli, satpam, petugas kebersihan atau penjaga sepeda dan
lain-lain yang biasanya para pekerja pasar tersebut berasal dari masyarakat
sekitar pasar.
Fungsi
Pasar
Selain mempunyai peranan yang sangat penting
bagi beberapa pihak, secara ekonomi pasar mempunyai beberapa fungsi,
diantaranya adalah:
1. Fungsi distribusi
Tatkala terjadi kerusuhan massa dan banyak
pasar yang dibakar, maka penyaluran barang-barang dari produsen kepada konsumen
terganggu dan akibatnya harga barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal
ini dapat terjadi? Karena tidak ada tempat yang dapat digunakan untuk
menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam hal ini
menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari
produsen pada konsumen atau pasar mempunyai fungsi distribusi.
2. Fungsi pembentukan harga
Setiap barang mempunyai dua macam harga yaitu
harga subjektif dan harga objektif. Harga subjektif adalah harga yang
dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang harga objektif adalah harga yang
disepakati oleh pembeli dan penjual setelah terjadi proses tawar-menawar. Harga
objektif disebut juga harga pasar. Mengapa harga objektif disebut harga pasar?
Karena proses tawar-menawar yang terjadi antara pembeli dengan penjual terjadi
di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi sebagai tempat pembentukan harga.
3. Fungsi promosi
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh
seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginannya. Agar
barang yang telah diproduksi dapat terjual, maka produsen seringkali mengadakan
promosi kepada masyarakat/calon konsumen agar calon konsumen mau membeli barang
yang dipromosikan. Salah satu tempat yang sering digunakan dan efektif untuk
melakukan kegiatan promosi adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat
orang-orang yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan. Dengan demikian
pasar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan barang-barang yang telah
dihasilkan oleh produsen.
4. Fungsi stabilitas ekonomi
Perekonomian yang stabil akan mengakibatkan
kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya, jika perekonomian tidak
stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan terganggu. Stabilitas
ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika
barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan harga yang terjangkau,
maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan
masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian
menjadi tidak stabil.
Sebagai tempat yang digunakan untuk
menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka pasar mempunyai fungsi
untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika barang dan jasa yang
tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat menstabilkan dengan cara
mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang langka/kurang di pasar
secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, sebaliknya, jika
barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan, maka pemerintah dapat
mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga pemerintah seperti bulog
untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut, sehingga harga barang-barang
tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.