Tidak
ada perusahaan yang dapat beroperasi di semua pasar dan memusatkan semua
kebutuhan. Juga tidak ada yang dapat beroperasi dengan baik dalam pasar yang
luas. Perusahaan dapat berhasil jika mereka mendefinisikan pasar sasaran mereka
dengan cermat dan menyiapkan program pemasaran yang sesuai kebutuhan pelanggan.
Perusahaan
dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan.
Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami
kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana.
Beberapa
pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat
mengutarakan kebutuhan-kebutuhan ini. Atau
mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan penafsiran.
Apa
artinya jika pelanggan meminta mobil yang "tidak mahal", mesin
pemotong rumput yang "kuat", mesin bubut yang "cepat", baju
renang yang "menarik", atau hotel yang "tenang"?
Kita
dapat membedakan lima jenis kebutuhan:
· Kebutuhan yang
diutarakan (pelanggan menginginkan sebuah mobil yang tidak mahal)
· Kebutuhan nyata
(pelanggan menginginkan sebuah mobil dengan biaya operasi yang rendah, bukannya
harga beli yang murah) .
· Kebutuhan yang tidak
diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari penyalur)
· Kebutuhan
kegembiraan/delight (pelanggan membeli mobil dan mendapatkan hadiah peta jalan
dalam suatu negara) .
· Kebutuhan rahasia
(pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen cerdas berorientasi
nilai)
Secara
umum, perusahaan dapat menangani permintaan pelanggan dengan memberikan apa
yang mereka inginkan, atau apa yang mereka butuhkan, atau apa yang benar-benar
mereka butuhkan. Kunci pemasaran profesional adalah memahami kebutuhan riil
pelanggan dan memenuhinya dengan lebih baik daripada yang dilakukan para
pesaing.
Beberapa
pemasar membedakan antara pemasaran yang cepat tanggap dengan pemasaran yang
kreatif. Pemasar yang cepat tanggap menemukan suatu kebutuhan yang diutarakan
dan mengisinya. Pemasar yang kreatif menemukan dan menghasilkan solusi yang
tidak diminta pelanggan namun disambut hangat.
Mengapa
sangat penting untuk memuaskan pelanggan sasaran?
Karena
penjualan perusahan setiap periode berasal dari dua kelompok yaitu pelanggan
baru dan pelanggan setia. Forum Company memperkirakan bahwa pelanggan baru yang
tertarik dapat menimbulkan biaya lima kali lipat dari biaya menyenangkan
pelanggan yang ada. Dan biaya kehilanggan pelanggan mungkin enam belas kali
lipat biaya menarik pelanggan baru ke tingkat laba yang sama. Karena itu,
mempertahankan pelanggan lebih penting daripada menarik pelanggan.
Kunci
untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang sangat
puas mampu menjadikan konsumen lebih setia, membeli lebih banyak jika
perusahaan memperkenalkan produk baru dan menyempurnakan produk yang ada,
memberikan komentar yang menguntungkan tentang perusahaan dan produknya, kurang
memberikan perhatian pada merek dan iklan pesaing serta kurang sensitif
terhadap harga, Memberikan gagasan produk/jasa pada perusahaan, dan membutuhkan
biaya pelayanan yang lebih kecil daripada pelanggan baru karena transaksi
menjadi rutin.