Apakah
yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran? Lingkungan pemasaran terdiri dari
para pelaku dan kekuatan-kekuatan "yang
di luar kendali" berdasarkan mana organisasi merancang strategi pemasaran
mereka.
Secara
khusus dirumuskan sebagai berikut: lingkungan pemasaran suatu perusahaan
terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi
manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran
untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para
pelanggan sasarannya.
Kita
dapat membedakan lingkungan mikro dan lingkungan makro suatu perusahaan.
Lingkungan mikro terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung
berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani
pasar, yaitu: perusahaan, para pemasok bahan mentah, pasar perantara, para.
pelanggan, pesaing, dan para anggota masyarakat.
Lingkungan
makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih
besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan,
yaitu: faktor kependudukan ekonomi, fisik, teknologi, politik, hukum dan
kekuatan sosial/budaya. Mula-mula, kita akan membahas lingkungan mikro
perusahaan dan kemudian lingkungan makronya.