Pemasaran
transaksi adalah bagian dari gagasan yang lebih besar yang dinamakan pemasaran
hubungan. Pemasaran hubungan adalah praktik membangun hubungan jangka panjang
yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna
mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang.
Pemasar
yang cerdik berusaha membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai
dan saling menguntungkan dengan pelanggan, penyalur, dealer, dan pemasok yang
berharga. Pemasar dapat mewujudkan hal ini dengan menjanjikan dan memberikan
kualitas yang tinggi, pelayanan yang baik, harga yang wajar kepada
pihak lain dari waktu ke waktu.
Pemasaran
hubungan menghasilkan ikatan ekonomi, teknik, dan sosial yang kuat diantara
pihak-pihak yang berkepentingan. Dalam kejadian yang paling berhasil, transaksi
berubah dari negosiasi yang dilakukan setiap saat menjadi kegiatan rutinitas.
Hasil
pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan asset unik perusahaan yang
disebut jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan
semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok,
penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama
dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.