Selain mempunyai peranan yang sangat penting
bagi beberapa pihak, secara ekonomi pasar mempunyai beberapa fungsi,
diantaranya adalah:
1. Fungsi distribusi
Tatkala terjadi kerusuhan massa dan banyak
pasar yang dibakar, maka penyaluran barang-barang dari produsen kepada konsumen
terganggu dan akibatnya harga barang-barang menjadi tinggi/mahal. Mengapa hal
ini dapat terjadi? Karena tidak ada tempat yang dapat digunakan untuk
menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam hal ini
menunjukkan bahwa pasar berfungsi memperlancar penyaluran barang-barang dari
produsen pada konsumen atau pasar mempunyai fungsi distribusi.
2. Fungsi pembentukan harga
Setiap barang mempunyai dua macam harga yaitu
harga subjektif dan harga objektif. Harga subjektif adalah harga yang
dikehendaki oleh penjual atau pembeli. Sedang harga objektif adalah harga yang
disepakati oleh pembeli dan penjual setelah terjadi proses tawar-menawar. Harga
objektif disebut juga harga pasar. Mengapa harga objektif disebut harga pasar?
Karena proses tawar-menawar yang terjadi antara pembeli dengan penjual terjadi
di pasar, sehingga pasar mempunyai fungsi sebagai tempat pembentukan harga.
3. Fungsi promosi
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh
seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginannya. Agar
barang yang telah diproduksi dapat terjual, maka produsen seringkali mengadakan
promosi kepada masyarakat/calon konsumen agar calon konsumen mau membeli barang
yang dipromosikan. Salah satu tempat yang sering digunakan dan efektif untuk
melakukan kegiatan promosi adalah pasar. Karena di pasar banyak terdapat
orang-orang yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan. Dengan demikian
pasar mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mempromosikan barang-barang yang telah
dihasilkan oleh produsen.
4. Fungsi stabilitas ekonomi
Perekonomian yang stabil akan mengakibatkan
kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sebaliknya, jika perekonomian tidak
stabil, kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat akan terganggu. Stabilitas
ekonomi tergantung pada tersedianya barang dan jasa kebutuhan masyarakat. Jika
barang dan jasa kebutuhan masyarakat tersedia dengan harga yang terjangkau,
maka perekonomian akan stabil, sebaliknya, jika barang dan jasa kebutuhan
masyarakat tidak tersedia dengan harga yang terjangkau, maka perekonomian
menjadi tidak stabil.
Sebagai tempat yang digunakan untuk
menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat, maka pasar mempunyai fungsi
untuk mengatur stabilitas perekonomian masyarakat. Jika barang dan jasa yang
tersedia di pasar terbatas, maka pemerintah dapat menstabilkan dengan cara
mengadakan operasi pasar yaitu menjual barang yang langka/kurang di pasar
secara langsung, agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, sebaliknya, jika
barang dan jasa yang tersedia di pasar berlebihan, maka pemerintah dapat
mengurangi barang-barang tersebut melalui lembaga pemerintah seperti bulog
untuk menampung kelebihan barang-barang tersebut, sehingga harga barang-barang
tetap terjaga dan tidak merugikan penjual.